Tips Berkendara di Saat Musim Hujan yang Nyaman dan Aman


Tips berkendara di saat musim hujan yang nyaman - Halo sobat AutoModifer, masih suka modifikasi motor. Memodifikasi motor memang sangat asyik buat sebagian dari kita. Namun kali ini blog Automodifer ingin membahas tentang tips berkendara motor dan mengemudikan saat hujan. Namun lebih khusus ke cara merawat motor saat hujan.

tips-berkendara-saat-hujan-dengan-nyaman-aman

Tips berkendara di musim hujan antara lain:
  • Periksa ban sobat dengan teratur
  • Kurangi kecepatan
  • Hidupkan lampu
  • Hindari mengebut
  • Mengendalikan kendaraan dengan hati-hati
  • Jaga jarak dengan kendaraan di depan
  • Berhenti bila hujan sangat lebat dan saat merasa sangat lelah 
  • Hati-hati terhadap ganangan air, bisa jadi itu lubang
  • Persiapkan perjalanan sobat dengan baik


Di waktu berkendara di musim hujan seperti sekarang ini, sobat pengguna sepeda motor harus melakukan perawatan lebih terhadap kendaraan motor kesayangan. Itu karena, tingkat keasaman air hujan yang relatif tinggi dapat memicu korosi atau karat, dan ketika hujan, posisi beberapa komponen atau bagian motor bisa berubah. Apa saja bentuk cara merawat motor yang sebaiknya kita lakukan supaya motor tetap aman dan nyaman di saat musim hujan? 

Berikut ini beberapa berita tips agar kendaraan tetap nyaman di saat musim hujan dari Detik yang disampaikan oleh Azis :

1. Mencuci sepeda motor sesudah dipakai atau digunakan
Pencucian sepeda motor dilakukan segera setelah terkena guyuran air hujan. Apalagi menurut penelitian, beberapa daerah di Indonesia memiliki tingkat keasaman yang tinggi yang bisa menimbulkan karat. Namun tidak hanya hujan saja, luapan air yang berasal dari selokan atau gorong-gorong yang bercampur dengan aneka limbah juga dapat memicu korosi. Bagian motor yang relatif rawan terkena korosi adalah bagian yang terbuat dari logam, sedangkan untuk bagian dari non logam bisa cepat menimbulkan kusam atau bahkan rusak.

mencuci-motor-setelah-kehujanan

2. Periksa Busi
Masalah lain yang cukup sering terjadi yaitu air merembes ke bagian busi atau busi terkena percikan air setelah motor menerjang banjir di saat hujan. Ketika motor mogok, usahakan jangan panik dahulu. Yang perlu kita lakukan, diamkan mesin beberapa menit sampai suhu dingin. Lalu ganti busi. Jika tidak membawa busi cadangan yang baru, maka lakukan pengeringan pada busi yang basah tadi dan bersihkan ujung busi dengan lap bersih atau ampelas. Sebaiknya, lakukan pembersihan busi di saat musim hujan dengan sering sebab setelah menerabas banjir pada bagian kepala busi sering muncul jelaga. Hal itu dapat mengganggu proses pengapian yang bisa mengakibatkan mogok.

mengganti-busi

membersihkan-busi

Tips berkendara di saat musim hujan yang nyaman berikutnya adalah,

3. Memeriksa dan menyetel ulang rantai 
Supaya berkendara kita nyaman dan aman saat hujan, kita perlu memperhatikan rantai motor. Posisi atau setingan rantai relatif cepat sekali berubah atau kendur sesudah beberapa kali melewati genangan air saat hujan. Hal ini bisa terjadi karena terdapat proses pemuaian rantai yang terbuat dari logam, sebab ketika digunakan rantai yang menarik gir motor sangat panas. Rantai pun bisa memuai. Namun pada saat musim hujan, di saat itu pula logam terguyur air. Alhasil posisi rantai lebih cepat berubah. Terlebih, jika saat dipacu motor juga kerap melibas lubang yang tertutup genangan, maka rantai pun semakin cepat kendur. Ini bisa membahayakan kita sebagai pengendara motor. Bila perlu beri pelumas agar rantai tidak mudah berkarat. Baca: cara merawat rantai.

mengatur-menyetel-kekencangan-rantai

4. Melakukan perawatan servis berkala 
Ini merupakan cara yang semua orang tahu. Dengan melakukan servis atau perawatan secara berkala, tentunya sepeda motor dapat terkontrol dengan baik dan bisa kita gunakan untuk berkendara dengan aman dan nyaman meski di saat hujan.

servis-motor-secara-teratur

Nah itulah beberapa tips berkendara di saat musim hujan yang nyaman dan aman yang bisa kita lakukan. Tentunya sebelum naik motor kita harus berdoa agar selamat dalam berkendara di jalan apalagi saat hujan. Semoga tips dan cara berkendara tadi bermanfaat. Jangan lupa SHARE ke sobat lain dan baca juga tulisan kami yang lain. Terima kasih telah bersedia membaca tips berkendara di saat musim hujan yang nyaman di blog modifikasi motor klasik AutoModifer. Sampai jumpa lagi.


Back To Top