Tips Menghindari Begal Motor dan Jambret saat Berkendara


Tips menghindari begal motor dan jambret saat berkendara. Blog Automodifer. Akhir-akhir ini sering kita dengar dan lihat berita mengenai tindak kriminal yang menimpa para pengendara. Khususnya pengendara sepeda motor. Tindak kejahatan itu adalah begal. Tindak keriminal ini membuat kita para pengendara motor selalu was-was. Bagaimana tidak, di tempat yang ramai pun sekarang tindakan begal atau jambret bisa terjadi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

Berbagai cara dan tips menghindari begal motor sekarang ini sangat diperlukan. Terutama bagi kita yang dituntut melakukan aktivitas misalnya kerja pada malam hari. Kejahatan bisa timbul bukan hanya karena ada faktor niat dari pelaku, akan tetapi tindak kriminal juga bisa terjadi karena adanya kesempatan yang tersedia. Tentunya kita tidak menginginkan hal ini terjadi pada kita. 

Untuk menghindari jadi korban begal motor di jalan raya serta meredam ketakutan tersebut, seorang Kapolres  memberi beberapa tips berkendara aman untuk menghindari tindak kriminali begal dan jambret di jalanan.

tips-cara-menghindari-begal-motor

Tips Aman Menghindari Begal dan Jambret Jalanan


1. Harus Berdoa Sebelum Bepergian. 
Serahkan semuanya padaNYA. Sebagai manusia yang beragama, jangan lupa berdoa sebelum bepergian. Hal ini selain sebagai sarana memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga sebagai sarana agar berkendara bisa jauh lebih tenang dan nyaman serta merasa aman.

2. Menghindari daerah yang Rawan terjadi Tindak Kriminalitas. 
Memang pelaku begal atau jambret lebih sering mengincar lokasi atau daerah yang relatif sepi. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya benar, namun pada umumnya demikian. Kita diminta untuk sedapat mungkin menghindari jalan yang sepi di malam hari.

3. Berkendara bersama-sama dan Tidak Seorang Diri. 
Tips ini dilakukan bila kita terpaksa harus melewati jalan yang sepi dan rawan kejahatan. Dengan bersama-sama dengan pengendara lain, diharapkan sang begal berpikir dua kali untuk melakukan modusnya. Kalaupun tidak ada teman, kita bisa bersama-sama dengan kendaraan lain yang kebetulan sama-sama lewat jalan tersebut.

4. Mengurangi Aktivitas pada Malam Hari. 
Tindak kriminal begal dan jambret di jalanan sering terjadi malam hari, maka dari itu, Kapolres mengimbau kepada masyarakat supaya mengurangi kegiatan saat malam hari. Hal ini karena  berkendara pada malam hari di jalanan menambah resiko dibegal. 

5. Meminta Petugas Kepolisian Setempat untuk Mengantar . 
Jika ada aktivitas yang terpaksa dilaksanakan ketika malam hari, para pengendara motor diimbau oleh Kapolres agar tidak malu meminta bantuan kepada polisi setempat untuk mengantarkan sampai tujuan. 

6. Mengecek Kondisi Kendaraan dan Perlengkapan 
Sebaiknya sebelum kita mengantisipasi keberadaan begal dan jambret jalanan, kita terlebih dahulu harus mengecek kondisi dan perlengkapan kendaraan bermotor kita. Karena angka terjadinya kecelakaan jauh lebih besar dibanding angkan  kejahatan begal dan jambret jalanan. 


Nah itu tadi beberapa tips menghindari begal motor dan jambret. Oh ya ada lagi, jika perlu kita bisa naik kendaraan umum. Bisa juga kita mengendarai motor yang dianggap para begal tidak berharga, macam motor tua. Begal sepertinya lebih suka motor baru yang onderdilnya juga masih baru. Sebenarnya ada banyak lagi tips. Sobat bisa menambahkan di kolom komentar di bawah ini.
Semoga informasi yang saya peroleh dan bagi di Blog Modifikasi Motor Klasik ini bisa bermanfaat. Terima kasih. Salam


Tag : blog, cara, catatan, info, tips
Back To Top