Cara yang Benar Memanaskan Mesin Sepeda Motor Injeksi


Cara yang benar memanaskan mesin sepeda motor injeksi - Halo sobat Automodifer, apa hari ini sobat ingin pergi dengan motor? Apa sudah dipersiapkan sebelum menggunakan motor? Kita biasanya memanasi mesin sepeda motor sebelum melakukan perjalanan. Ini sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang Indonesia (dulu) yang memiliki motor karburator. Hal itu dilakukan jika sepeda motor telah diam dalam waktu yang cukup lama. Namun bagaimana dengan motor injeksi? Apa motor injeksi juga perlu dipanasi sama persis seperti motor dengan sistem karburator? 

cara-memanaskan-mesin-motor-injeksi

Kali ini saya tidak sedang membahas modifikasi motor, melainkan berbagi sedikit informasi ringan mengenai otomotif. Menurut artikel yang pernah saya baca, cara yang benar memanaskan mesin sepeda motor injeksi itu berbeda dengan motor karburator. Motor injeksi memiliki alat pintar yang ditanam dalam motor yaitu Engine Control Module (ECM). Alat canggih inilah yang akan mengatur kebutuhan bahan bakar untuk sepeda motor injeksi. Dengan adanya alat ini kita tidak perlu lagi menarik handel gas saat memanaskan mesin. Jadi tak perlu digeber-geber karena itu akan sia-sia. Biarkan stasioner, itu sudah cukup. Dan tidak perlu lama dalam memanasi mesin, cukup 30 detik sampai 1 menit.

Keuntungan dari memanaskan mesin sepeda motor injeksi antara lain : Pertama, mesin efisien dalam penggunakaan bahan bakar karena tidak butuh waktu lama dan tanpa perlu digeber. Kedua, meskipun Cuma sebentar dalam memanaskan mesin, tapi suhu mesin sudah cukup panas untuk melakukan perjalanan. Ketiga, mesin pun sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik.

Nah sudah sedikit tahu kan cara yang benar memanaskan mesin sepeda motor injeksi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita. Jangan lupa di SHARE ya. Salam.


Back To Top