banner-otomotif


Jenis Contoh Aliran Modifikasi Motor Klasik


Pengen punya motor baru tapi tidak punya dana banyak. Inginnya punya motor jantan berkopling. Alhasil mungkin motor klasik yang bisa dibeli. Tapi biasanya kondisinya kurang keren. Coba kita modifikasi biar lebih macho. Jenis aliran modifikasi motor klasik yang bagaimana ya enaknya? Contoh modifikasi motor klasik jadul mana saja ya gambarnya?

Apabila Anda sudah memiliki motor klasik atau jaman dulu (jadul) yang jarang digunakan karena tampilannya kurang mantap, mungkin postingan berikut akan memberi inspirasi bagi Anda untuk memulai memodifikasi motor klasik kita menjadi lebih keren dan bangga untuk digunakan berkendara.

gambar-aliran-modifikasi-motor-klasik

Berikut ini sedikit jenis aliran modifikasi dan contoh gambar motor klasik modifikasi beserta gambar yang saya dapat dari sebuah forum.



BOBBER
Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.

aliran modifikasi motor klasik bobber

Quote:
CHOPPER
Adalah model motor yang mempunyai ciri menonjol utama fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan cenderung lbh besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi.

aliran modifikasi motor klasik chopper

Quote:
HOTROD
Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.

aliran modifikasi motor klasik hotrod

Quote:
FLAT TRACKER
Flat track merupakan suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek tanah. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing.

aliran modifikasi motor klasik flattracker

Quote:
STREET TRACKER
Street Tracker merupakan suatu paduan dari motor tracker atau enduro dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail tahun2 lama seperti honda XL, suzuki TS, Yamaha DT, namun disesuaikan dengan kebutuhan jalanan. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran street tracker, seperti Suzuki Bigboy dan Honda FTR.

aliran modifikasi motor klasik street tracker

Quote:
JAPS STYLE
Aliran Jap's Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang mungil.

Di bagian keseluruhan bodi motor yang mengusung Jap's Style akan terlihat rangka belakang yang terpangkas habis yang diiringi juga dengan penggunaan ban yang gendut dan lebar, dan juga jarak antara ban depan dan belakang dibuat lebih panjang dari rangka.

aliran modifikasi motor klasik japs style

Quote:
BRATSTYLE
Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan workshop lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle tentunya ), ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya.

aliran modifikasi motor klasik bratstyle

Quote:
CAFÉ RACER
Seperti yang sudah diketahui bahwa aliran modifikasi caferacer merupakan aliran modifikasi yang mengadopsi gaya balap tempoe doeloe. Secara garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan yang menggunakan fairing baik full maupun half.

Aliran cafe racer punya ciri khas yang sangat menonjol, antara lain menggunakan setang jepit, otomatis posisi badan lbh jadi menunduk ketika berkendara. Selain itu, tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain adalah jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang n ke atas kaya buntut tawon.

aliran modifikasi motor klasik cafe racer

Quote:
SCRAMBLER
Aliran ini hampir sama dengan bratstyle namun yang membedakan adalah jenis ban dan type knalpot. Ban untuk aliran modifikasi ini biasanya menggunakan ban dengan motif kotak kotak/ bahkan trail. Sedangkan ciri yang lainnya adalah knalpot yang bukan berada di kolong melainkan berada di samping. Hal ini sesuai dengan roh aliran modifikasi ini yaitu untuk semi off road bahkan mendaki pegunungan.

aliran modifikasi motor klasik scrambler

Quote:
SINNERS DAN SOCAL (SOUTH CALIFORNIA)
Sinners (atau lebih tepatnya The Sinners) merupakan suatu komunitas motor yang anggotanya tersebar di beberapa negara bagian di Amerika. Sebagian besar anggotanya menggunakan The Big V (harley davidson) dan rata2 memodifikasinya dengan referensi chopper style namun dengan menambahkan "bumbu" setang z-bar / t-bar / u-bar yang tidak lebar, membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan chopper kebanyakan.

Sementara Socal merupakan singkatan dari South California, merupakan salah satu "chapter" dari komunitas Sinners, motor anggotanya memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Sinners, namun dengan penggunaan ban kecil dan tampilan keseluruhan lebih klasik daripada Sinners pada umumnya.

aliran modifikasi motor klasik south california

Quote:
STREET FIGHTER
Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.
Ciri ubahan street fighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang jalan, stang kemudi model flat.

aliran modifikasi motor klasik street fighter

Quote:
MINOR FIGHTER
Tidak berbeda jauh dari street fighter, Minor Fighter merupakan sebuah keluarga perkumpulan motor indonesia yang bergaya eropa style, berpusat di daerah Purwokerto, Jateng. Salah satunya ciri ubahannya setang terbalik, ekor buntung, single seater dan ditambah dengan ban ekstra lebar.

aliran modifikasi motor klasik minor fighter

Quote:
TRAIL
Penganut modif jenis ini, harus merubah total penampilan motornya terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot undertail, ditambah oprekan mesin buat ningkatin torsi.

aliran modifikasi motor klasik trail

Quote:
SUPERMOTO
Masih turunan trail, tapi jenis ban yang digunakan beda, umumnya menggunaka ban khusus aspal atau yg memiliki profil kembang tahu. Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak lebar.

aliran modifikasi motor klasik supermoto
 
Nah, Jenis aliran modifikasi mana yang Anda sukai. Tentu memerlukan dana relitif banyak untuk merombak motor jadul kita menjadi lebih keren. Namun dengan cara memodifikasi sedikit demi sedikit, motor impian kita akan bisa terrealisasi.
Semoga informasi ringan tentang jenis contoh aliran modifikasi motor klasik ini bermanfaat untuk Anda.


Tag : modifikasi
Back To Top