banner-otomotif


11 Cara Memilih dan Tips Membeli Helm Terbaik Murah Berkualitas


Cara memilih dan tips membeli helm terbaik murah berkualitas | Saat ini model helm sangat menarik dan bermacam-macam. Namun, fungsi helm bukan sekedar hiasan kepala. Helm merupakan sarana pengaman yang melindungi organ penting kita saat berkendara yaitu bagian kepala. Kita boleh menggunakan helm dengan model bagus, asal helm tersebut memiliki standar tertentu. 

Sobat butuh helm berkualitas? Helm dengan harga mahal kemungkinan besar memang berkualitas baik. Namun, beli helm murah belum tentu kualitasnya jelek. Bisa jadi hanya kalah brand. Brand-brand helm memang banyak sekali, misalnya saja Arai, INK, KYT, NHK, AGV, GM, MDS, BMC, HJC, dan sebagainya. Kalau menurut kami, usahakan jangan terpengaruh dengan mindset “helm bagus merk apa?” atau “Apa Merk helm terbaik di Indonesia?” Tapi itu terserah sobat sih.

cara-membeli-helm-terbaik-murah-berkualitas

Helm motor termasuk aksesoris wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengendara motor. Banyak sekali peraturan tentang berlalu lintas, khususnya penggunaan helm. Salah satu peraturannya yaitu UNDANG-UNDANG LALU LINTAS NO. 22 Tahun 2009 Pasal 291 (1) dan (2) yaitu:
(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam  Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
(2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
Untuk Anda yang sering berkendara atau hendak bepergian jauh, usahakan memakai alat keselamatan berkendara dengan lengkap.
Baca juga : Hal yang Dilakukan Sebelum Mudik

Bagaimana memilih helm berkualitas?


Pada kesempatan ini AutoModifer.blogspot.com sebagai blog modifikasi motor ingin sharing informasi yang mengenai cara memilih helm yang berkualitas. Ini merupakan Informasi yang bukan sekedar informasi biasa tapi sepatutnya dipatuhi bagi pengendara motor. Lakukan beberapa cara memilih helm dan tips membeli helm berikut ini.


  1. Periksa apakah helm tersebut sudah memiliki sertifikasi khusus yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu, karena tidak semua merek helm memilikinya, contoh sertifikat helm misalnya :DOT, SNELL, SNI dan lain lain. Hal ini penting karena sudah ada peraturannya, minimal SNI (Standar Nasional Indonesia). Kalau helm Anda sudah ber-SNI sebenarnya itu sudah cukup. Perhatikan, logo SNI bertanda timbul bukan stiker. 
    helm-berkualitas-sni
  2. Pilih helm yang ukurannya sesuai dengan kepala kita, tidak terlalu sempit maupun terlalu longgar. Karena hal ini memengaruhi sisi kenyamanan saat berkendara. Selain itu, helm longgar akan berbahaya pada saat terjadi benturan. Karena memungkinkan bisa terlepas dari kepala.
  3. Pilih helm dengan bahan shell keras atau yang tidak lentur karena bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan kepala yang maksimal.
  4. Pilihlah helm dengan bagian dalam lembut, bahan dari kain sangat lembut dengan kemampuan maksimal menyerap keringat. Sehingga nyaman meski berkendara dalam waktu lama.
  5. Lapisan pengaman dalam helm yang tebal juga harus jadi perhatian, guna mengimbangi bagian luar helm yang keras. Fungsinya untuk meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.
  6. Pilih helm full face, baik melindungi seluruh bagian tempurung kepala, atau minimal open face. Usahakan jangan membeli helm yang hanya menutup bagian atas kepala.
  7. Pilih helm dengan tali pengikat kuat, agar tidak mudah terlepas saat terjadi benturan. Misalnya memiliki sistem pengunci yang baik.
  8. Pilih Kaca Helm atau visor yang bening, sehingga saat helm tersebut digunakan berkendara maka tidak akan menjadi penghadang/penghalang saat malam hari. Namun jika anda takut silau pada siang hari, anda bisa pilih helm yang ada dobel visornya. Atau pakai saja kaca mata hitam.
  9. Pilih helm dengan bobot yang tidak terlalu berat alias ringan untuk digunakan. Kenyamanan helm juga perlu di perhatikan saat menggunakan helm, jika bobot helm terlalu berat walaupun helm tersebut bagus tentunya gak akan nyaman digunakan. Catatan: Berat belum tentu kuat, ringan belum tentu mudah pecah. Intinya liat kualitas material.
  10. Kalau memungkinkan, pilih helm yang memiliki sistem pengaman dari pencuri. Hal ini termasuk penting untuk menghindari helm kita diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 
  11. Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah periksa kemampuan dana sobat hihi. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Mahal memang bisa jadi berkualitas, namun murah belum tentu kualitasnya jelek.
helm-merk-apa
Jangan dicontoh ya..


Nah itulah beberapa cara memilih dan tips membeli helm terbaik murah berkualitas yang sebaiknya kita lakukan. Semoga tips dan cara tersebut bermanfaat. Jangan lupa SHARE ke sobat lain dan baca juga tulisan kami yang lain. Terima kasih telah bersedia membaca cara memilih dan tips membeli helm terbaik murah berkualitas di blog modifikasi motor klasik AutoModifer. Sampai jumpa lagi. Salam.


Tag : blog, cara, safety, tips
0 Komentar untuk "11 Cara Memilih dan Tips Membeli Helm Terbaik Murah Berkualitas "
Back To Top