15 Cara Aman Parkir Motor agar Terhindar dari Pencurian


Cara aman parkir motor agar terhindar dari pencurian sepeda motor di tempat parkir. Pencurian kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor memang semakin marak. Tidak perduli siang maupun malam dan tidak perduli di tempat sepi maupun ramai, motor yang sedang Anda parkir bisa hilang secara tiba-tiba. Beragam cara dilakukan oleh para komplotan pencuri untuk bisa mengambil sepeda motor kita. Untuk anda yang sering meletakkan sepeda motor di tempat parkir atau semacamnya, Anda perlu menyimak tips parkir motor yang aman.

Pada kesempatan ini, blog AutoModifer sebagai blog modifikasi motor tidak sedang membahas motor custom melainkan ingin memberi tips tentang cara aman parkir motor.
Baca juga : Tips Menghindari Begal dan Jambret Motor

cara-aman-parkir-motor

Bagaimana cara menghindar dari pencurian sepeda motor?

Berikut adalah beberapa tips maupun cara parkir motor agar lebih aman dan supaya lebih terhindar dari pencurian sepeda motor.

Cara Aman Parkir Motor 1 : Lengkapi motor dengan kunci ganda dan kunci rahasia sekaligus 
Kenapa harus menggunakan keduanya? Karena dalam hitungan menit pencuri mudah untuk membongkar kunci. Dengan menggunakan kunci ganda dan kunci rahasia, paling tidak akan sedikit menyulitkan pencuri untuk melakukan pencurian motor.

Cara Aman Parkir Motor 2 : Jangan malu memakai gembok
Meski terlihat berlebihan, tapi hal ini akan lebih membuat kita merasa motor lebih aman. Jangan pedulikan pendapat orang tentang perilaku berlebihan kita menggunaan kunci gembok. Anggap saja “lebih baik malu daripada hilang”. Kita bisa memasang gembok di gir belakang, rantai, atau cakram depan. Semakin banyak gembok yang kita pasang, semakin aman motor kita. Namun semakin ribet juga buat kita, hihiii...
gembok-motor-terhindar-dari-pencuri


Cara Aman Parkir Motor 3 : Lebih baik menggunakan Alarm motor 
Tidak hanya kunci pengaman ganda dan digembok, melengkapi motor kita dengan alarm juga bisa menjadi salah satu cara menghindari pencurian motor. Ketika ada orang yang berusaha untuk membobol motor kita, alarm akan berbunyi secara otomatis yang pastinya akan membuat si pencuri merasa kaget kemudian panik dan tidak berani untuk melanjutkan aksinya.

Cara Aman Parkir Motor  4 : Pilih tempat parkir yang resmi 
Meski lebih mahal ketimbang parkir di pinggir jalan, namun keamanannya lebih terjaga. Kenapa? Karena biasanya mereka mengharuskan untuk menunjukkan STNK kendaraan sebelum meninggalkan lokasi parkir. Hal ini akan membuat maling untuk berpikir ulang dalam mencuri motor di lokasi parkir resmi.

Cara Aman Parkir Motor  5 : Pilih tempat parkir yang mudah diawasi
Selain di parkiran resmi, usahakan tempat parkir motor kita mudah untuk diawasi dan dilihat. Jika tidak ada parkir resmi ya pilihlah tempat parkir yang mudah untuk kita awasi.

Cara Aman Parkir Motor  6 : Parkirkan motor agak ke dalam
Jika anda merasa lama untuk meninggalkan motor, upayakan meletakkan motor anda dibagian parkir yang dalam/tengah. Hal ini akan mengurangi resiko pencurian karena menurut pendapat saya, pencuri akan lebih suka mengincar motor yang posisinya mudah dipindahkan misalnya di posisi parkir paling depan atau dekat pintu keluar.

Cara Aman Parkir Motor  7 : Awas! Waspadai dengan mobil box, pick up dan truk yang ada di samping motor
Kenapa harus begitu? Karena ada beberapa kasus pencurian dimana motor dibawa naik ke mobil tersebut, dan kemudian kabur meninggalkan lokasi. Jadi biarpun motor dikunci dan digembok, masih bisa hilang karena motor kita akan diangkut dengan mobil box tersebut.

Cara Aman Parkir Motor  8 : Kurangi perhatian pencuri dari motor kita
Motor baru, yang terlihat bagus dan berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang, sangat disenangi oleh pelaku curanmor. Menutupi motor kita dengan kain penutup motor atau koran dapat mengurangi perhatian pencuri. Dengan catatan penutupnya juga jangan terlihat mewah, nanti malah sebaliknya.

Cara Aman Parkir Motor  9 : Bawa barang bawaan anda
Jangan tinggalkan barang bawaan misalnya tas, helm, jaket, jas hujan di motor. Hal ini bisa membuat maling menjadi tertarik untuk mendatangi motor. Bila anda tidak ingin repot, titipkan saja. Dengan menitipkannya artinya bisa mengurangi daya tarik motor pada para pencuri.

Cara Aman Parkir Motor  10 : Jalin hubungan baik dengan petugas parkir 
Alasannya sederhana, dengan hubungan yang baik maka petugas parkir akan lebih mengenal dan menjaga motor anda.

Cara Aman Parkir Motor  11 : Pastikan kunci dan karcis parkir sudah anda bawa sebelum meninggalkan motor
Seringkali kunci tertinggal di motor dan  akibatnya, motor menjadi jauh lebih mudah untuk dicuri.

Cara Aman Parkir Motor  12 : Periksa kembali sebelum meninggalkan motor
Cek semua kondisi motor, apakah sudah aman untuk ditinggalkan. Jangan terburu-buru menginggalkan motor anda.

Cara Aman Parkir Motor  13 : Kembali untuk Mengecek motor
Jika memungkinkan, periksalah motor anda beberapa menit setelah diparkir. Apakah ada hal yang mencurigakan. Biasanya pencuri akan datang selang tidak lama ketika kita memarkirkan motor. Mungkin mereka berpikir motor yang baru diparkir akan lama ditinggalkan oleh pemiliknya sehingga mereka tahu batas waktu untuk mencurinya.

Cara Aman Parkir Motor  14 : Ikut dan gunakan asuransi 
Alasannya adalah bila terjadi pencurian maka anda tidak sepenuhnya merugi. Anda bisa melakukan klaim kehilangan dan mendapatkan ganti rugi sesuai dengan kesepakatan yang anda buat.

Cara Aman Parkir Motor  15 : Jangan lupa berdoa
Setelah kita berikhtiyar alias berusaha tentunya kita tidak boleh lupa berdoa. Karena hal inilah yang sangat menentukan keselamatan kita.

Itulah beberapa cara yang saya peroleh dari beberapa sumber yang bisa kita lakukan dalam usaha terhindar dari pencurian motor. Namun hal itu juga bukan menjadi jaminan motor kita aman tapi paling tidak kita sudah berusaha lebih membuat aman motor kita. Semoga informasi tentang cara aman parkir motor agar terhindar dari pencurian di blog AutoModifer ini bermanfaat. Jangan lupa di SHARE.  Terima kasih dan Salam.


Tag : cara, info, tips
0 Komentar untuk "15 Cara Aman Parkir Motor agar Terhindar dari Pencurian"
Back To Top