banner-otomotif


Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Modifikasi Motor Klasik


Apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum modifikasi motor klasik (tua/jadul)? Simak informasi ringan berikut ini.

Pemilik motor klasik pasti sering bingung ketika ingin memodifikasi, mengubah, atau memperbaiki agar tampilan motor tua/klasik hampir sama seperti keadaan aslinya. Tetapi jika AutoModifers telah menemukan bengkel yang tepat, harus ada beberapa poin yang perlu dipersiapkan dalam memodifikasi motor klasiknya.

Seperti yang dijelaskan oleh Mas Suyadi pemilik Bengkel Latip Motor, beralamat di Jalan Raya Bogor, KM 26,5 Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur. "Ada beberapa persiapan untuk memodifikasi motor tua, dan ini yang terkadang konsumen kurang mengerti," kata Suyadi. (detik. com)

hal yang perlu sebelum modifikasi motor jadul

Nah mau tahu apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum modifikasi motor klasik atau untuk membangun ulang motor klasik anda? Mari simak yang berikut ini.

 1. Siapkan uang

Tentu saja, memodifikasi atau membangun motor klasik pasti akan jauh berbeda dengan modifikasi motor yang berumur muda. Misalnya pada spare part, susahnya mencari spare part orisinil membuat harga semakin melambung tinggi jika mendapatkannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan harga sparepart motor klasik bisa memiliki harga setengahnya biaya modifikasi yang dilakukan.

 2. Tentukan desain

Buat AutoModifers yang pengen banget mempunya motor klasik, juga bisa memodifikasi motor batangan. Tetapi yang harus diperhatikan, AutoModifers harus benar-benar mempersiapkan desain motor klasik atau aliran modifikasi seperti apa karena modifikasi yang dilakukan tidak menutup kemungkinan akan mengubah rangka dan lain-lainnya, agar tampilan betul-betul mirip dengan motor klasik, namun menggunakan mesin yang berumur muda.

Misalnya untuk motor Honda Mega Pro, yang ingin diubah menjadi Honda CB yang macho bertampang klasik. Bisa dipastikan ada beberapa part yang diganti atau bahkan diubah.

 3. Persiapkan waktu dan Kesabaran

Waktu dalam mengerjakan motor klasik bisa terbilang akan memakan waktu yang cukup lama. Karena ketelitian sangat dibutuhkan sehingga tidak bisa dipaksa untuk dipercepat pengerjaannya agar hasilnya baik.
Terlebih sparepart yang sulit diperoleh atau membangun ulang part yang dibutuhkan, itu juga bisa memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk membangun motor klasik secara keseluruhan bisa mencapai 2 bulan bahkan lebih. Jadi harus sabar.

 4. Harus siap mencari spare part bersama-sama

Karena sulitnya mencari sparepart membuat Anda sebagai pemilik kendaraan motor klasik atau membangun motor klasik, juga seharusnya siap ikut membantu mencari spare part. Tidak harus hanya mengandalkan bengkel motor klasik. Hal ini agar pengerjaan akan bisa menjadi lebih cepat jika spare part yang dibutuhkan lebih cepat didapatkan.

5. Siap untuk mengubah jeroan mesin

Memodifikasi mesin dilakukan jika memang sangat terpaksa, untuk penggila motor klasik harus benar-benar siap mengubah isi jeroan mesin dengan sparepart yang berumur muda. Ini bisa saja terjadi apabila memang spare part sulit ditemukan. Terlebih sparepart pada mesin, sehingga para modifikator akan menyarankan pemilik untuk bisa mengubahnya dengan menggunakan spare part yang lebih berusia muda. Namun bisa dipastikan tidak akan merusak mesin motor. Karena akan percuma jika motor telah memiliki tampilan klasik seperti sediakala, namun tidak bisa dikendarai.

Nah itu adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum modifikasi motor klasik anda. Semoga setelah berkunjung ke AutoModifer ini, Anda mendapat pengetahuan. Terima kasih.


0 Komentar untuk "Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Modifikasi Motor Klasik"
Back To Top