banner-otomotif


Tips agar Tidak Ngantuk Saat Berkendara supaya Selamat


Blog AutoModifer kali ini ingin berbagi informasi mengenai tips agar tidak ngantuk saat berkendara supaya selamat. Tips ringan ini sangat berguna bagi kita yang sering melakukan perjalanan dengan berkendara. 

Mengantuk saat berkendara selain berbahaya bagi diri sendiri juga bagi orang lain. Maka dari itu, banyak sekali himbauan agar tidak menyetir saat kondisi mengantuk. Apapun alasannya, jangan sampai kita berkendara saat keadaan lelah dan ngantuk.

tips-agar-tidak-ngantuk-saat-berkendara

Jadi bagaimana cara agar menghindari keaadaan yang seperti itu. Berikut ini adalah beberapa cara yang telah saya baca dari situs Detik.com.

Tips agar tidak ngantuk saat berkendara

1. Mengemudilah sesudah istirahat cukup
Jangan pernah mengemudi dalam jarak jauh ketika Anda merasa letih dan lelah. Tunda dulu rencana keberangkatan dan istirahat yang cukup serta lakukan olahraga ringan.
istirahat-di-kendaraan

2. Pilih makanan yang mengandung protein tinggi
Sebelum berangkat atau ketika beristirahat jangan banyak makan makanan yang mengandung kabohidrat tinggi. (mungkin ini dapat membuat kita mengantuk). Makan saja makanan yang berprotein tinggi seperti daging atau kacang-kacangan.

3. Jaga selalu stamina psikis
Menjaga kebugaran psikis agar tak lelah bisa Anda lakukan dengan cara mendengarkan musik dari piranti hiburan (namun tetap konsentrasi ya..), sesekali perhatikan rambu lalu-lintas, mengubah posisi duduk dan cara bersandar. Atau bisa juga dengan mengunyah permen, sehingga syaraf tetap beraktivitas.

4. Jangan terlalu mengandalkan kopi
Biasanya kebanyakan orang akan meminum kopi untuk mencegah kantuk. Boleh saja Anda meminumnya karena kafein memang bisa membangunkan Anda secara fisik dan membuat mata melek. Namun, kafein tidak menjamin kewaspadaan psikis yang sudah capek. Hasilnya konsentrasi tetap saja dapat buyar, hal itu tentu sangat berbahaya. Ingat kantuk menyebabkan konsentrasi dan kesigapan seseorang menurun.

5. Mengemudi dengan cara defensif
Maksudnya adalah mengemudi dengan mengendalikan mobil atau motor dengan secara cermat dan bijak. Tidak gampang bermanuver tancap gas, suka menyalip di saat yang tak perlu, atau memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.
6. Hindari alkohol dan obat-obatan
Alkohol sangat berpengaruh besar menurunkan tingkat kesadaran seseorang (Di luar negeri saja bisa ditahan polisi, haram lagi bagi umat muslim. Kalau kita minum alkohol yang haram itu lalu terjadi hal yang tidak kita inginkan, bisa-bisa kita masuk .........). 

Obat-obatan pun beresiko, termasuk obat flu yang biasanya menyebabkan kantuk. Oleh karena itu konsultasikan dengan dokter jika Anda harus meminum obat sebelum berangkat.

7. Segera istirahat bila konsentrasi mulai buyar
Jangan merasa harus terus mengemudi jika tiba-tiba Anda merasa lupa rute mana saja yang telah Anda lewati. Sebab, itu pertanda konsentrasi Anda telah menurun. Segera menepi dan beristirahatlah dengan tidur sebentar. Bila perlu carilah hotel atau tempat yang aman seperti rest area untuk beristirahat lebih lama.

8. Berkendara secara bersama-sama
Ini adalah tambahan dari saya sendiri. Usahakan ketika kita berkendara, ada pendampingnya. Selain bisa dijadikan teman sepi bisa juga sebagai pengganti saat kita telah lelah.

biar-tidak-ngantuk-berkendara

Demikian tips agar tidak ngantuk saat berkendara supaya selamat. Jangan lupa SHARE ke yang lain ya .. Terimakasih.


Tag : blog, info, tips
Back To Top